review e-book IT SERVICE MANAGEMENT

Pada kesempatan kali ini penulis ingin sedikit mereview e-book yang berjudul IT Service Management karya dari Ernest Brewster, Richard Griffiths, Aiden Lawes, dan John Sansbury.



E-book yang berbahasa inggris ini terdiri dari 241 halaman dengan 4 bab yang akan membahas segala sesuatu yang berkaitan dengan pengelolaan (manajemen) Ti.

Berikut 4 bab tersebut beserta sedikit ulasannya :

    Bab 1  : OVERVIEW

Bab ini membahas pengertian dari manajemen layanan TI. Untuk memahaminya dibutuhkan pemahaman tentang layanan (services) seperti: Apa itu layanan? Bagaimana manajemen layanan dapat membantu penyedia layanan untuk menyampaikan dan mengelola jasa? Disini akan dibahas pula mengenai ITIL seperti: pengertian ITIL, framework ITIL dan model layanan ITIL.

    Bab 2 : THE SERVICE LIFECYCLE

Pada bab THE SERVICE LIFECYCLE membahas Service Strategy, Service Design, Service Transition, Service Operation, dan Continual Service Improvement.

    Bab 3 : THE PROCESSES AND FUNCTIONS

Pembahasan pada bab ini mencakup beberapa hal : manajemen hubungan bisnis, manajemen keungan untuk layanan TI, permintaan manajemen, dan service level management. Disini saya akan menjelaskan sedikit tentang service level management, dimana bertujuan untuk memastikan apakah layanan yang disediakan sudah selaras dengan kebutuhan bisnis dan kebutuhan kostumer.

     Bab 4: MEASUREMENT, METRICS AND THE DEMING CYCLE

Di awal bab dibahas measurement atau pengukuran. Disini diulas kenapa aspek pengukuran itu penting. “if you can’t measure something, you can’t improve it or show that it has improved”, pengukuran berfungsi untuk melihat dan mengukur apakah tujuan yang dicapai telah mengalami kemajuan.


Kesimpulan, disamping penggunaan bahasa inggris yang mungkin menyusahkan bagi sebagian orang e-book ini bisa dibilang mencakup banyak hal dalam membahas manajemen layanan TI dengan model penjalasan yang menurut saya padat dan jelas. Buku ini cocok untuk manajer, pemilik perusahaan, atau pelaku bisnis yang terkait dengan manajemen layanan TI.

Sumber : http://dina_agustin.staff.gunadarma.ac.id/Downloads/folder/0.15


Komentar

Postingan Populer