ITIL dan PT. TELEKOMUNIKASI INDONESIA





Siapa yang tidak kenal dengan telkom, apalagi produknya seperti Telkomsel dan IndiHome merupakan operator seluler dan penyedia layanan internet rumah terbesar dan terluas di Indonesia. Pada postingan kali ini Penulis akan membahas ITIL pada telkom. Bagi yang lupa atau belum tau penjelasan ITIL sendiri dapat mampir ke sini ITIL pada shopee 

1. Service Strategy

Strategi besar Telkom adalah merubah perusahaannya menjadi perusahaan telekomunikasi digital. Salah satu bagian implementasinya dengan mendongkrak pendapatan bisnis digital perusahaan. Tercatat  pada akhir juni 2020 Telkom mengelola sekitar 152 produk digital aktif yang terdapat pada Indigo, Amoeba dan Tribe.

Dilain hal sebagai perusahaan telekomunikasi tentunya perlu memperhatikan kualitas dari jaringan yang dimiliki. Telkom melakukan perluasan jaringan pada salah satu produknya yaitu IndiHome ke seluruh Indonesia. Pada IndiHome telkom juga melakukan peningkatan kualitas dengan meningkatkan rasio uplink dan downlink, dan juga menawarkan higher speed same price yang ditujukan kepada pelanggan setia.

2. Service Design

Menghadapi era digitalisasi ini mengharuskan setiap perusahaan malakukan transformasi digital tentunya untuk meningkatkan kinerja dan daya saing. PT Telkom menyediakan layanan yang dapat membantu agar perusahaan dapat melakukan transformasi digital.

Pada PT Telkom terdapat sebuah divisi bernama Divisi Enterprise Service. Divisi ini bertugas mengelola pelanggan dengan segmen high end market, dengan kewajiban dapat memberikan solusi layanan digital yang inovatif dan adaktif. Divisi ini melalui Telkom Digital Solution, menyediakan Digital Ecosystem Solution yang terintegrasi dengan tujuan mengedepankan Customer Experience dan Business Value yang diperlukan oleh high end market.

Tujuan dari Telkom Digital Solution adalah membantu perusahaan untuk melakukan transformasi digital melalui layanan end-to-end yang meliputi ICT Platform

3. Service Transition

Transisi pelayanan pada Telkom sangat dipengaruhi oleh perkembangan teknologi telekomunikasi. Kilas balik pada masa setelah peluncuran satelit palapa jaringan telekomunikasi Indonesia menjadi semakin luas, sehingga telkom yang masih pada masa awal terbentuk harus menghadapi tantangan untuk mewujudkan otomatisasi jaringan seluruh ibukota.

Masa kini perusahaan telekomunikasi tersebut tengah bertransformasi menjadi digital telecommunication company. Hal ini dapat kita lihat dari pembagian bisnis yang terbagi menjadi 3 Digital Bisnis Domain : Digital Connectivity, Digital Platform, dan Digital Services

Sumber :

https://industri.kontan.co.id/news/begini-strategi-telkom-indonesia-tlkm-tingkatkan-kualitas-jaringan

https://www.liputan6.com/bisnis/read/4341234/ini-strategi-telkom-pertahankan-kinerja-perusahaan

https://www.telkomdigitalsolution.com/about/

https://telkom.co.id/sites/about-telkom/id_ID/page/profil-dan-riwayat-singkat-22

https://www.liputan6.com/tekno/read/750780/layanan-telepon-di-indonesia-hadir-sejak-tahun-1800-an

Komentar

Postingan Populer