Layanan sistem informasi pada SAMSAT

Sebelum masuk ke pembahasan layanan sistem informasi pada samsat, kita akan mengenal samsat terlebih dahulu.

Apa itu SAMSAT?

Bagi anda yang memiliki kendaraan bermotor tentu sudah tidak asing dengan SAMSAT. Namun apa sih kepanjangan SAMSAT? Terus fungsinya apa?

Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap atau biasa dikenal SAMSAT merupakan sebuah rangkaian sistem yang memiliki fungsi untuk menyelenggarakan tugas Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor (BBNKB), Registrasi serta Identifikasi Kendaraan Bermotor (Regiden Ranmor), dan juga pembayaran Sumbangan Wajib Dana Kecelakaan Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (SWDKLLJ).

Sejarah singkat SAMSAT

Dahulu, proses perpanjangan Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK) memakan waktu lama. Hal ini terjadi karena pemilik kendaraan harus mendatangi tiga kantor terpisah. Untuk melunasi pajak kendaraan, mereka harus datang mengurus ke kantor pajak daerah. Kemudian juga harus melunasi SWDKLLJ di kantor asuransi Jasa Raharja. Terakhir, harus datang ke kantor polisi lalu lintas baru bisa mendapatkan STNK yang telah diperpanjang.

Tahun 1974, terjadilah uji coba pembentukan SAMSAT di Polda Metro Jaya DKI Jakarta dengan tujuan memudahkan Regiden Ranmor serta menyimpan data pengemudi lebih akurat.

Tahun 1976, SAMSAT diberlakukan di seluruh Indonesia hal ini melalui Instruksi Bersama (INBERS) tiga menteri, Menhankam (Menteri Pertahanan dan Keamanan), Menkeu (Menteri Keuangan), dan Mendagri (Menteri Dalam Negeri). SAMSAT berada di bawah naungan Kepolisian RI, PT Jasa Raharja (Persero), dan Dinas Pendapatan Provinsi.

Saat ini, prosedur pengurusan STNK bisa dilakukan dengan mudah dan praktis. Bahkan tahap pengurusan telah disederhanakan menjadi dua loket dari lima loket.

SAMSAT digital

Dengan majunya teknologi memunculkan ide digitalisasi, hal ini juga terjadi pada samsat. Salah satu tugas dari Sistem layanan informasi adalah memberikan layanan pada kasus SAMSAT yaitu memberikan Layanan Digital. Inovasi ini tentu lebih mempermudah masyarakat dalam membayar pajak kendaraan bermotor.

Produk digital dari SAMSAT ini disebut Samsat Digital Nasional atau Signal. Tujuannya memberikan fasilitas kepada masyarakat untuk memproses pengesahan Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK) tahunan, pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor (PKB), dan Sumbangan Wajib Dana Kecelakaan Lalu Lintas Jalan (SWDKLLJ) tanpa datang ke kantor SAMSAT.

Aplikasi ini terhubung dengan database kendaraan bermotor yang dimiliki Polri, pangkalan data induk kependudukan yang terdapat pada Dirjen Dukcapil Kemendagri dan sistem informasi Pajak Kendaraan Bermotor yang dikelola oleh tiap-tiap Bapenda Provinsi. Hal ini memungkinkan hampir seluruh masyarakat Indonesia dapat mengakses aplikasi ini.

Bagaimana cara penggunaan SIGNAL?

1. Mendownload aplikasi SIGNAL di AppStore maupun PlayStore

2. Registrasi pengguna dengan memasukkan NIK, Nama, Email, Nomor HP, Membuat sandi, dan verifikasi E-KTP



3. Setelah registrasi berhasil pengguna dapat menggunakan signal sesuai dengan keperluan masing-masing

Sumber :

https://samsatdigital.id/

https://www.pajak.com/pwf/milenial-mengenal-signal-samsat-digital-nasional/

https://auto2000.co.id/berita-dan-tips/kepanjangan-samsat

Komentar

Postingan Populer